Olahraga

PSSI Umumkan Kompetisi Liga 1 Akan Digelar Agustus 2021

Selasa, 03 Agustus 2021 - 17:54
PSSI Umumkan Kompetisi Liga 1 Akan Digelar Agustus 2021 Ilustrasi - Sepak Bola (Foto: iStockphoto)

TIMES KALBAR, JAKARTA – Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi menuturkan bahwa federasi sepak bola Indonesia memutuskan untuk menggelar kompetisi 2021-2022, termasuk Liga 1, di tengah pandemi covid-19 pada 20 Agustus mendatang.

Menurut Yunus Nusi, keputusan kick-off itu diambil setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri. Dia berharap, kabar ini menjadi harapan baru bagi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia untuk bangkit.

Dia menambahkan, federasi tidak asal-asalan dalam memutuskan untuk melanjutkan kompetisi di tanah air. Mereka sudah berkonsultasi dengan berbagai pihak, ahli dan Pemerintah RI. Setelah berkonsultasi akhirnya mereka mengumumkan ke publik.

Oleh karena itu, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) juga dikabarkan akan segera melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan klub Liga 1 secara virtual. Mereka akan membahas segala hal yang berkaitan dengan teknik penyelenggaraan Liga, hingga antisipasi kesehatan pemain saat berlaga di tengah pandemi.

Menurutnya, PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Pihaknya juga masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir.

Sekjen-PSSI.jpgPlt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi dan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita saat melakukan audiensi dengan Satgas Covid-19 di Jakarta (foto: Dokumen/PSSI)

"Untuk itu dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub Liga 1. Tentu kompetisi sementara akan tanpa penonton. Kita lihat perkembangan ke depan apakah bisa dengan penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak," kata Yunus Nusi di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Senada dengan PSSI, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menambahkan saat ini mayoritas komponen klub Liga 1 2021-2022, yakni pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan sudah mendapatkan vaksinasi hingga tahap kedua.

"Untuk klub Liga 2 juga sebagian besar sudah melakukan vaksinasi. Tentu ini hal yang baik menuju kick-off Liga 1 dan 2, karena kami ikut membantu tercapainya program herd immunity di komunitas kita sendiri. Yang pasti mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua," ujar  Hadian.

Hadian pun meyakini turnamen Piala Menpora akan menjadi pelajaran berharga untuk menyambut kompetisi Liga 1 dan 2. Saat itu dengan protokol kesehatan yang ketat, turnamen Piala Menpora tidak menghasilkan kluster baru covid-19.

"Dengan adanya kompetisi Liga Indonesia kami berharap menaikkan imun orang-orang di Indonesia. Apalagi kami akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa adanya penonton yang hadir di stadion," pungkas Akhmad Hadian Lukita terkait rencana PSSI menggulirkan Liga 1. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalbar just now

Welcome to TIMES Kalbar

TIMES Kalbar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.