Berita

Gubernur DKI Jakarta Periode 1992–1997 Surjadi Soedirdja Meninggal Dunia

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:57
Gubernur DKI Jakarta Periode 1992–1997 Surjadi Soedirdja Meninggal Dunia Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirdja periode 1992–1997 meninggal dunia. (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)

TIMES KALBAR, JAKARTA – Berita duka kembali datang. Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirdja periode 1992–1997 meninggal dunia. Hal itu diumumkan langsung oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Innalilllahi wa inna ilaihi raji'un. Segenap keluarga besar Pemprov DKI Jakarta mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak H. Surjadi Soedirdja," katanya, Selasa (3/8/2021).

"Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT, husnul khotimah, dan mendapatkan tempat terbaik di sisiNya. Aamiin," jelasnya.

Sekilas Profil

Dikutip dari berbagai sumber, almarhum adalah jenderal TNI. Ia Iahir 11 Oktober 1939. Artinya hingga umurnya yang sekarang, ia meninggal di umur ke 81 tahun. Ia menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 1992–1997.

Saat pemimpin, ia membuat proyek pembangunan rumah susun, menciptakan kawasan hijau, dan juga memperbanyak daerah resapan air. Adapun proyek kereta api bawah tanah (subway) dan jalan susun tiga (triple decker) yang sempat didengung-dengungkan pada masanya belum terwujud.

Ia berhasil membebaskan jalan-jalan Jakarta dari angkutan becak, suatu program yang telah dimulai sejak Gubernur sebelumnya. Selain itu Peristiwa 27 Juli 1996 terjadi pada masa Jakarta di bawah kepemimpinannya.

Selain itu, almarhum juga memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) pada sejumlah ruas jalan.

Untuk mendukung laju mobilitas penduduk, Jakarta pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pihak swasta membangun sejumlah jalan tol yaitu Tol Dalam Kota, Tol Lingkar Luar, Tol Bandara, serta ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Bogor-Ciawi, dan Jakarta-Merak, yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya.

Soerjadi juga menerapkan peningkatan disiplin dan kualitas sumber daya aparat dalam Lima Pedoman Kerja Aparat Pemerintah DKI Jakarta. Dari program tersebut, Pemerintah Provinsi Jakarta menerima Penghargaan 'Samya Krida Tata Tenteram Karta Raharja'. Penghargaan itu merupakan apresiasi atas hasil karya tertinggi dalam melaksanakan Pembangunan 5 Tahun.

Selamat jalan Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirdja. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalbar just now

Welcome to TIMES Kalbar

TIMES Kalbar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.