Berita

Sejarah Hari Ini, 20 April, TMII Sebagai Miniatur Indonesia

Selasa, 20 April 2021 - 11:29
Sejarah Hari Ini, 20 April, TMII Sebagai Miniatur Indonesia Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (FOTO: KASKUS)

TIMES KALBAR, JAKARTASejarah hari ini akan mengulas Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada 20 April 1975.

20 April juga mencatat banyak peristiwa penting, seperti Hari Konsumen Nasional dan peristiwa misi Apollo 16 yang berhasil mendarat di bulan.

1975: Peresmian TMII

Miniatur-Indonesia-3.jpgFOTO: PT Jalantol Lingkarluar Jakarta

Terlepas dari kontrovesi saat ini, mencatat banyak hal dan menjadi bagian sejarah Indonesia. TMII dicetuskan oleh ibu negara Siti Hartinah atau Tien Soeharto.  

Di taman seluas 150 hektar tersebut, gambaran itu diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

TMII yang merupakan miniatur keberagaam Indonesia ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.

1972: Apollo 16 Mendarat di Bulan

apollo-16.jpgFOTO: murdoc

Pesawat yang diluncurkan pada 16 April 1972 di pusat Antariksa Kennedy Amerika Serikat tersebut berhasil mendarat di Bulan pada 20 April 1972 silam

Apollo 16 adalah sebuah misi berawak kesepuluh dalam program Apollo dan yang kelima yang mendarat di Bulan. Pesawat ini mengangkut sebuah wahana Lunar Rover yang berhasil membawa 94,7 kg sampel dari bebatuan dan material lain dari Bulan. Apollo 16 juga melakukan uji coba terhadap kelangsungan hidup mikrobial.

2003: Hari Konsumen Nasional

HAKONAS.jpgFOTO: YouTube/Diskominfo Papua Barat

Hari Konsumen Nasional diperingati setiap 20 April. Tujuananya meningkatkan kesadaran, mendorong dan membangun perilaku konsumen yang cerdas.

Hari konsumen Nasional tertera pada Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 dengan mengacu kepada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hari Konsumen Nasional ditetapkan pada tanggal 20 April karena mengingat tanggal tersebut merupakan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Perlindungan Konsumen. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalbar just now

Welcome to TIMES Kalbar

TIMES Kalbar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.